ANALISIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SEMESTER I SK “MENAMPILKAN SIKAP POSITIF TERHADAP SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL”

Standar

 

  1. Bahan analisis SK KD PKn kelas X Semester I

SK : Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

KD : 2.1 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

         2.2 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan

         2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

         2.4 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

         2.5 Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

ANALISIS :

ü  Sistematika/urutan KKO

Dengan SK menampilkan dalam taksonomi kognitifnya Bloom, berarti masuk kedalam kelompok C3. Dengan SK yang masuk dalam kelompok C3 maka KD tidak boleh lebih dari C3. Boleh C1, C2 atau C3 saja. Dan kesemuanya itu harus runtut penulisannya dari C dengan no terkecil menuju C dengan nomor sesuai SK. Dalam bagian ini berarti C3.

Berdasarkan tugas yang saya dapatkan yaitu “Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional” Itu masuk kedalam C3 yaitu menerapkan, dan setara dengan itu seperti menghasilkan, memproduksi, menyelesaikan, menggunakan, mengelola, menggeneralisasikan, menjelaskan dll.

Adapun Kompetensi Dasarnya :

  1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

Mendeskripsikan bisa masuk kedalam C1 atau kelompok mengingat, jadi dengan SK C3 tidak menjadi masalah jika KD ini dimasukkan.

  1. Menganalisis peranan lembaga-lembaga negara

Menganalisis masuk kedalam kelompok C4, sedangkan SK masuk dalam kelompok C3, jadi seharusnya menganalisis disini tidak perluu, atau mungkin dapat digantikan dengan kelompok dibawah C3 atau C3 itu sendiri. Jadi KD ke dua ini saya rasa tidak perlu.

  1. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

Menunjukkan masuk kedalam kelompok C1 , dengan SK yang masuk kedalam C3 maka tidak masalah jika KD ini di masukkan.

  1. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Menganalisis masuk kedalam kelompok C4, sedang SK nya masuk pada kelompok C3 sehingga saya rasa KD ini tidak perlu untuk dimasukkan.

  1. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Menampilkan masuk kedalam kelompok C3 sama dengan SK yang juga masuk kedalam kelompok C3, jadi saya rasa tidak masalah jika KD ini dimasukkan.

Dari penjelasan di atas, dapat saya simpulkan bahwa sebaiknya KD ke dua dan ke empat tidak perlu untuk dimasukkan. Cukup KD ke 1,3 dan 5 saja, supaya sesuai dengan SK , atau dengan kata lain tidak melebihi ketrampilan dari SK yang diberikan.

Untuk kesesuaian urutan KD sudah cukup baik/sesuai yaitu dari kelompok C1, C1 dan C3.

 

ü  Kesesuaian materi apakah sudah bisa mencapai SK atau belum.

Relevansi atau kesesuaian antara SK dengan KD dalam suatu kurikulum haruslah diperhatikan demi tercapainya Standar Kompetensi yang diinginkan dalam pembelajaran. Begitupun kaitan materi dengan SK dan KD nya haruslah mewakili. Misalkkan SK dan KD yang ditekankan mengenai Menghafal fakta maka pada Indikatornya nanti juga harus merupakan Indikator Fakta, dan untuk materinya juga harus Fakta juga jangan konsep, teori atau yang lainnya. Sehingga disini dapat kita katakan bahwa materi itu berdasar pada Indikator yang ada, Indikator berdasar pada Kompetensi Dasar dimana Kompetensi Dasar ini diambil berdasarkan Standar Kompetensi yang ada. Jadi kesemuanya saling berkaitan, dalam hal ini untuk mencapai SK yang diinginkan, dan agar Indikator keberhasilan siswa dapat tercapai secara maksimal. Sebelum menentukan materi harus diidentifikasi aspek-aspek kompetensi yang dibutuhkan serta harus dipelajari dan dikuasai siswa. Materi harus bersifat konsisten dan cukup untuk mencapai kompetensi. Prinsip dasar yang harus dipegang dalam penentuan materi yaitu : Relevan atau kesesuaian , Konsisten atau ajeg dan cukup yang artinya materi tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak.

 

Berdasar pada kriteria di atas maka hasil analisis saya mengenai kesesuaian SK kelas X Semester satu tentang “ Menampilkan sifat Positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional“ dan KD yang ada ialah bahwa antara materi yang kemungkinan disampaikan jika melihat pada KD nya sudah sesuai dengan SK yang diharapkan, dan bisa mencapai SK tersebut dengan ketentuan Kompetensi dasar yang ke 2 dan ke 4 dihilangkan saja, karena KD ke 2 dan ke 4 telah melebihi SK (C3). Jika dilihat dari batas minimal KD untuk I SK maka hal ini telah terpenuhi, karena disini juga terdiri dari 5 KD dalam 1 SK.

Untuk kesesuaian materi antara KD 1 “Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional” saya rasa KD ini memenuhi Standar Kompetensi, setidaknya untuk menampilkan suatu sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional maka hendaknya siswa memahami dulu tentang sistem hukum dan peradilan nasional untuk kemudian mendeskripsikannya baru menampilkan sikap positifnya. Untuk kesesuaian KD II “Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan” dengan SK, saya rasa tidak perlu dimasukkan. Menampilkan sikap dengan mengenalisis peranan  tidak begitu sinkron menurut saya. Untuk kesesuaian KD III “Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku” dengan SK saya rasa perlu dimasukkan karena mewakili SK sehingga dan bisa mendorong ketercapaian Indikator nantinya.Untuk KD IV “ Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia” dengan SK saya rasa KD ini tidak lah perlu untuk dimasukkan, karena menurut saya tidak ada kaitannya antara menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional dengan Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Sedang untuk KD terakhir KD V “Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia” saya rasa bisa saja untuk dimasukkan kedalam KD, walaupun mungkin hanya sedikit kesesuaian materi dengan SK yang diinginkan.

Dari uraian di atas berdasarkan pandangan saya alangkah lebih baiknya jika KD II dan KD IV dihilangkan saja supaya tidak terlalu banyak materi yang justru akan memberatkan siswa dan supaya pencapaian SK yang diinginkan bisa lebih maksimal.

About Windah Rahmawati

I am a Simple Person ^^ Anak Ciciv Education di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Surakarta. Anak ke empat dari empat bersaudara, Kata orang si Aku yang paling manja :D Cantik? Jelaaas dong ^^ Pinter? Ga kalah pinter deh ama Thomas Alfa Edison #Padahal ngga tahu siapa dia Heee Kocak? Cukup sering bikin orang lain tertawa Riang :D Kadang ngeselin juga si :D Jayus? Soo pasti. Aku paling nggak tega Kalau harus lihat bapak-bapak tua renta yang harus bekerja banting tulang di pinggir jalan :( Mimpi? Banyak mimpi yang ingin kugapai, So harus dibarengi usaha dan Doa tentunya :) ORTU? LOVE THEM FOR EVER :* Do the Best For the Best ^^ Masih banyak Lagi tentang Aku :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s